Rabu, 12 November 2008

my first blog


ini aq miza cute, mau tau aq ikuti terus informasinya yow........................

6 komentar:

nying-nying mengatakan...

aku terakhir liat wayang,, kapan yaw,, aku lupa,, yang jelas aku suka kuk dengan wayang,, meskipun bayak orang yang menilai tu kuno,, tapi bagi aku tu gak,,m dengan tu kan kita bisa mengenang bagaimana sunan kalijogo menyebarkan agama islam,, dan selain tu juga menarik kuk,,,
gak pcy liat aja ndiri,,,,,

nying-nying mengatakan...

WAYANG kulit adalah seni tradisional Indonesia, yang terutama berkembang di Jawa dan di sebelah timur semenanjung Malaysia seperti di Kelantan dan Terengganu. Wayang kulit dimainkan oleh seorang dalang yang juga menjadi narator dialog tokoh-tokoh wayang, dengan diiringi oleh musik gamelan yang dimainkan sekelompok nayaga dan tembang yang dinyanyikan oleh para pesinden. Dalang memainkan wayang kulit di balik kelir, yaitu layar yang terbuat dari kain putih, sementara di belakangnya disorotkan lampu listrik atau lampu minyak (blencong), sehingga para penonton yang berada di sisi lain dari layar dapat melihat bayangan wayang yang jatuh ke kelir. Untuk dapat memahami cerita wayang(lakon), penonton harus memiliki pengetahuan akan tokoh-tokoh wayang yang bayangannya tampil di layar.

Secara umum wayang mengambil cerita dari naskah Mahabharata dan Ramayana, tetapi tak dibatasi hanya dengan pakem (standard) tersebut, ki dalang bisa juga memainkan lakon carangan (gubahan). Beberapa cerita diambil dari cerita Panji.

Pertunjukan wayang kulit telah diakui oleh UNESCO pada tanggal 7 November 2003, sebagai karya kebudayaan yang mengagumkan dalam bidang cerita narasi dan warisan yang indah dan berharga ( Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity ). Wayang kulit lebih populer di Jawa bagian tengah dan timur, sedangkan wayang golek lebih sering dimainkan di Jawa Barat.

nying-nying mengatakan...

nah ini berhubung aku orang jawa tulen,, maka aku akan jelasin Sejarahnya dengan bahasa jawa juga,,

Wayang inggih menika kabudayan Indonesia ingkang sampun wonten sakderengipun kabudayan Hindu mlebet Indonesia. Rumiyen masyarakat ingkang anggadhahi kepercayaan Animisme ngginakaken pagelaran wayang kangge upacara religius. Perkembangan wayang kulit saksampunipun agami Hindu mlebet Indonesia, inggih menika wiwit angsal pengaruhi kabudayan Hindu kanthi mendhet cerita saking Mahabharata saha Ramayana. Kajawi saking menika, wayang ugi ngalami perubahan nyelarasaken kalian jaman, ananging perubahan menika mboten ngantos dumugi bab-bab ingkang prinsip. Pramila ngantos dumugi sakmenika wayang kulit ingkang anggadhahi nilai adiluhung taksih dipun hormati saha dipun agung-agungaken masyarakat pendhukungipun.

Penyebaranipun

Wayang kulit sampun sumebar wonten tanah Jawa ugi perangan Nusantara. Nanging wayang kulit menika langkung dipun remeni tiyang-tiyang Jawa Tengah saha Jawa Wetan. Wonten panggenan setunggal lan setunggalipun gadhah gagrag piyambak-piyambak. Ingkang paling ageng inggih menika gagrag Ngayogyakarta saha gagrag Surakarta. Gagrag Banyumas saha gagrag Pesisiran ugi kondhang wonten tlatahe piyambak-piyambak.

nying-nying mengatakan...

dik,,, gmn bener gak yang aku bilang itu?????

nying-nying mengatakan...

NAH SEKARANG GILIRAN YANG BIKIN BLOK SENDIRI,, APA YANG ANDA KETAHUI DARI YANG ANDA TULIS TU,,,,,

miza_miza mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.